Tingkatkan Kesiapsiagaan Potensi, Kantor SAR Natuna Gelar Rapat FKP3 dan Pelatihan


NATUNA – Guna meningkatkan kesiapsiagaan potensi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, digelar Rapat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat daerah dan pelatihan pertolongan di permukaan air (water rescue) bagi potensi SAR. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan sejak berdirinya kantor pada Oktober 2017 lalu.

Dua kegiatan yang melibatkan potensi SAR di wilayah Kabupaten Natuna ini dibuka secara langsung oleh Direktur Bina Potensi Marsekal Pertama (TNI) F. Indra Jaya, Rabu (27/8) pagi di Natuna Hotel, Ranai. Tampak hadir dalam acara pembukaan Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal. 

Dalam sambutannya Indra menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan terbangun kesamaan persepsi, pola pikir, dan pola tindak dalam mendukung pelaksanaan operasi SAR yang terjadi di wilayah kerja Kantor SAR Natuna. Saat HUT ke – 47, Kepala Basarnas menyampaikan bahwa potensi SAR adalah pilar utama dalam pelaksanaan operasi SAR. Sebagai leading sektor, Basarnas mengkoordinir keterlibatan seluruh potensi SAR, baik dari unsur TNI, POLRI, Instansi Pemerintah, swasta, maupun stakeholder bidang SAR lainnya di tingkat pusat maupun daerah.

‘”Kalimat beliau inilah menjadi salah satu pemicu jajaran Basarnas di tingkat pusat maupun tingkat daerah untuk lebih meningkatkan koordinasi dengan seluruh potensi SAR”, jelas Jenderal Bintang Satu ini.

Adapun tujuan penyelenggaraan FKP3 adalah sebagai wadah untuk koordinasi seluruh stakeholder yang ada di wilayah kerja Kantor SAR Natuna sehingga dapat menyatukan visi maupun misi dalam pelaksanaan operasi SAR. Sementara pelatihan water rescue yang diikuti 40 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki potensi SAR dalam melakukan pertolongan di permukaan air.

Pelatihan dilaksanakan 5 hari mulai tanggal 28 agustus sampai dengan 2 september 2019 dengan menghadirkan narasumber dari Kantor Pusat maupun Kantor SAR. Selama pelatihan seluruh peserta akan mendapat materi kelas yang bertempat di Hotel Trent Central serta aplikasi air di kolam renang dan Pantai Tanjung.  (Nv)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru
28 August 15:25 WIB